Home » Profil Jurusan » Fasilitas » Sekretariat KEMANT (Kandhang)

Sekretariat KEMANT (Kandhang)

Suatu organisasi sudah pasti mempunyai tempat khusus untuk berkumpul atau ‘nongkrong’ para anggotanya. Tempat tersebut dengan bahasa yang lebih gaul biasa disebut basecamp atau dengan bahasa anak kuliah lebih enak disebut kesekretariatan.

Sebagai sebuah organisasi resmi yang menampung seluruh mahasiswa Jurusan Antropologi Budaya Universitas Gadjah Mada, KEMANT (Keluarga Mahasiswa Antropologi) juga mempunyai tempat ‘nongkrong’ atau kesekretariatan yang biasa disebut Kandhang Antro.

Walaupun namanya ‘kandhang’, jangan bayangkan Kandhang Antro ini adalah tempat yang benar-benar mirip kandang. Hilangkan prasangka kotor, bau dan menjijikan karena sebenarnya Kandhang Antro adalah tempat yang sangat nyaman, sejuk dan menyenangkan.

Sekretariat KEMANT yang berdiri pada tahun 1980-an ini tidak hanya digunakan untuk nongkrong semata. Tetapi juga digunakan untuk menunjang kegiatan-kegiatan mahasiswa seperti mengerjakan tugas, membaca buku, rapat-rapat acara KEMANT sampai berdiskusi dengan teman atau dosen.

Beberapa fasilitas juga ikut menunjang sekretariat KEMANT sebagai tempat yang memberi kenyamanan bagi para mahasiswa Jurusan Antropologi Budaya seperti komputer, perlengkapan administrasi, alat masak dll. Selain itu tempat yang berlokasi di sebelah Perpustakaan Jurusan Antropologi ini juga menyimpan benda-benda yang bersejarah bagi jurusan antropologi seperti piala-piala, penghargaan, dan beberapa kenang-kenangan khas yang didapatkan jurusan ketika melakukan kunjungan ke berbagai daerah. (Yudha)