Visi & Misi

Sebagai pembina, Departemen Antropologi telah mengembangkan program pendidikan untuk setiap prodi. Dengan membagi Prodi di Departemen Antropologi ke dalam dua Prodi secara berjenjang, maka setiap jenjang mempunyai arah studi dan kompetensi lulusan yang berbeda.  Adapun visi dan misi, tujuan, sasaran dan strategi dari Departemen Antropologi adalah sebagai berikut:

Visi

Terselenggaranya pendidikan tinggi di bidang Antropologi sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang handal dan kompetitif sebagai peneliti dan praktisi di bidang kebudayaan dan mampu menghasilkan karya etnografi untuk kepentingan akademis maupun praktis.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang Antropologi dari jenjang S1, S2 dan S3
  2. Menyelengarakan penelitian murni dan terapan untuk meningkatkan kualitas materi pendididikan dan pengembangan ilmu Antropologi
  3. Menyelenggarakan pemberdayaan masyarakat guna mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan bermartabat tiggi.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan terbaik di bidang Antropologi untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3 sehingga mereka mampu bekerja di bidang penelitian dan pengembangan kebudayaan di berbagai sektor lapangan pekerjaan.
  2. Menghasilkan penelitian murni dan terapan yang diselenggarakan oleh dosen bersama mahasiswa guna mengembangkan ilmu pengetahuan Antropologi dan aplikasi Antropologi untuk pemberdayaan masyarakat.
  3. Menghasilkan program-program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pengembangan kebudayaan lokal, masyarakat multi kultural dan masyarakat sipil yang bermartabat.

Sasaran

  1. Setiap tahun Departemen meluluskan sebanyak 50  orang sarjana  S1,  25 orang magister, dan bersama dengan Prodi S3 Ilmu Humaniora menghasilkan lulusan sebanyak 10
  2. Setiap tahun menghasilkan paling sedikit 5 penelitian payung untuk pengembangan kajian Antropologi yang diselenggarakan oleh dosen bersama mahasiswa.
  3. Setiap tahun menghasilkan dua kegiatan pemberdayaan masyarakat baik yang diselenggarkan secara mandiri oleh Departemen atau pun kolaborasi dengan lembaga mitra.
  4. Setiap tahun menghasilkan lulusan magister dan doktor yang siap bekerja sebagai dosen ataue peneliti di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
  5. Setiap tahun mengasilkan kertas kerja, naskah akademik atau bahan modul dan lainnya yang relevan untuk pengembangan kurikulum Antropologi di Indonesia dan di dunia pada

Strategi Pencapaian Sasaran

Untuk mewujudkan visi, misi, dan sasaran, Departemen Antropologi melancarkan beberapa strategi yaitu:

  1. Meningkakan capacity building dan kompetensi dosen sesuai dengan tuntutan kurikulum. Paling tidak 90 persen dosen di Departemen memiliki gelar doktor dan sisanya adalah kandidat doktor.
  2. Menyediakan Perpustakaan Departemen yang dipakai sebagai learning centre para dosen, mahasiswa dan para peminat studi Antropologi.
  3. Menyediakan LAURA (Laboratorium Antropologi untuk Riset dan Aksi) sebagai arena bagi para dosen, mahasiswa dan stakeholder untuk mengembangkan penelitian murni, penelitian terapan, dan penelitian aksi seperti advokasi kebijakan dan pendampingan.
  4. Mengembangkan kerjasama multi stakeholder dengan perguruan tinggi di luar negeri, lembaga donor, organisasi masyarakat sipil, lembaga pemerintah dan swasta untuk memperkuat program pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat.
  5. Menyelenggarakan kegiatan magang kerja bagi para mahasiswa agar bisa berkarya lebih baik setelah lulus.
  6. Melaksanakan berbagai program pertukaran mahasiswa dan dosen dengan perguruan tinggi yang ternama guna melakukan internasionalisasi Departemen.