Agung Wicaksono, S.Ant., M.A.

agung_wicaksono@ugm.ac.id

Profil

Agung Wicaksono, S.Ant., M.A. adalah staf pengajar pada Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Ia menyelesaikan studi Sarjana di Jurusan Antropologi Budaya UGM pada tahun 2009 dengan tema skripsi Si Kaya yang (Tampak) Terang dan Si Miskin yang (Tampak) Gelap: Studi Pengelolaan Listrik Kincir Air dan Stratifikasi Sosial Masyarakat Simego. Sementara studi tingkat Master selesai pada 2011 masih di Jurusan Antropologi UGM dengan tesis Wong Cukup lan Wong Nduwe: Ekualisasi Sosial Ekonomi pada Masyarakat Pegunungan Jawa Abad 20. Kajian dalam skripsi dan tesisnya merupakan sebuah studi yang berkelanjutan mengenai perubahan struktur sosial pada masyarakat pedesaan dataran tinggi Jawa. Selain kajian mengenai kawasan pedesaan Jawa, studi yang juga pernah ia lakukan adalah mengenai masyarakat pedalaman Kalimantan yang tinggal di area konsesi perusahaan kehutanan. Fokus penelitian yang sering ia lakukan adalah pada tema-tema mengenai studi pedesaan dan kehutanan, di mana selain menggunakan metode penelitian etnografi, ia juga banyak meminjam metode penelitian statistik dan Geographic Information Systems (GIS). Penelitian yang pernah dilakukannya yaitu Efektivitas Pemetaan Partisipatoris Dalam Menjaga Kepentingan Masyarakat Desa yang bertempat di Kalimantan Tengah pada tahun 2012, di mana menghasilkan sebuah publikasi pada tahun yang sama. Sejak 2015 hingga saat ini ia sedang menempuh studi doktoralnya di Kyoto University, Jepang dengan riset disertasi mengenai Ledakan Kelas Menengah Indonesia Paska Krisis Ekonomi 1998-99.

Curriculum Vitae (2012-2017)

  • 2015 -Doktor, Kyoto University, Jepang
    2010 - 2011Magister, Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada
    2005 - 2009Sarjana, Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada

  • 2014 -Dosen di Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada
  • 2012Peneliti utama, “Efektivitas Pemetaan Partisipatif dalam Melindungi Kepentingan Warga”, Penelitian di Kalimantan Tengah bersama Dr. Pujo Semedi, M.A.

  • 2012“Efektivitas Pemetaan Partisipatif dalam Melindungi Kepentingan Warga”, Departemen Antropologi, Universitas Gadjah Mada

  • ITS 3605S1Praktik Penelitian Lapangan
    ANS 2446S1Kajian Pedesaan di Indonesia
    ANM 1137S2Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat, dan CSR