Ujian Skripsi dan Yudisium

BAGAN ALUR PROSES PENYELESAIAN ADMINISTRASI PROGRAM SARJANA

Persyaratan Berkas Pengajuan Ujian Skripsi

  1. Naskah Skripsi yang telah di ACC oleh Dosen Pembimbing Skripsi (DPS) disertai bukti (tangkapan layar percakapan WA/email yang menunjukkan persetujuan pengajuan sidang skripsi)
  2. Transkrip Nilai Terakhir/KHS Sementara (bisa minta di akademik Fakultas/cetak melalui SIMASTER)
  3. Pass photo terakhir (warna background bebas, pakaian formal)
  4. Bukti Pembayaran SPP-BOP/UKT terakhir
  5. KRS Semester terakhir
  6. Mencantumkan no.Telp/no.HP yang dapat dihubungi untuk menginformasikan jadwal ujian.
  7. Scan TTD untuk keperluan pemberkasan

Prosedur Pengajuan Ujian Skripsi

  1. Semua syarat tersebut di atas diserahkan ke Sekretariat Departemen Antropologi melalui email antropologi@ugm.ac.id
  2. Minimal sehari sekali mengkonfirmasi ke Departemen mengenai rencana pelaksanaan ujian, misalnya mencocokkan hari, tanggal dan jam kesanggupan ketiga tim penguji-pembimbing-ketua dan penguji utama. Konfirmasi lebih baik dilakukan pada sore hari sekitar jam 15.30 WIB.
  3. Sehari sebelum ujian, datang ke bagian administrasi agar dibuatkan berkas berita acara ujian dan mengkonfirmasi apakah ruang untuk ujian sudah dipesankan.
  4. Pada hari H, calon peserta ujian diharapkan datang ke Departemen (presensi kehadiran), baru kemudian ke ruang ujian yang telah disiapkan. Diharap calon peserta datang maksimal 30 menit sebelum ujian dimulai.

Alur Pengurusan Yudisium S1

Pasca Sidang:

  • Mahasiswa wajib untuk melakukan revisi dengan waktu pengerjaan maksimal 2 bulan dari tanggal sidang.
  • Jika melewati batas waktu revisi, maka mahasiswa diwajibkan untuk mengulang kembali sidangnya.
  • Revisi dinyatakan selesai setelah mendapatkan persetujuan dari ketiga dosen penguji (ketua penguji, pembimbing/dps, penguji utama).
  • Setelah mendapatkan persetujuan revisi, segera menyiapkan berkas pengajuan yudisium.

Pasca Revisi dan Pengurusan Yudisium:

  • Silakan mengecek Form Yudisium S1 FIB UGM di laman fib.ugm.ac.id
  • Lengkapi berkas-berkas sesuai dengan persyaratan yang diminta
  • Permohonan tanda tangan Kaprodi dan Dosen untuk kelengkapan berkas yudisium harus menggunakan tanda tangan basah
  • Jika tidak dapat memperoleh tanda tangan basah silakan menghubungi Sekretariat Departemen Antropologi melalui email antropologi@ugm.ac.id disertai dengan bukti persetujuan dari dosen yang bersangkutan

Pengajuan Lembar Pengesahan Skripsi:

  • Mahasiswa membuat draft lembar pengesahan menyesuaikan dengan format yang berlaku (lihat dipanduan unggah mandiri etd.ugm.ac.id)
  • Cetak draft lembar pengesahan yang sudah dibuat menggunakan kertas khusus (warna kuning dengan logo UGM)
  • Lembar pengesahan yang sudah dicetak kemudian perlu dibubuhi tanda tangan dosen penguji saat ujian skripsi
  • Mintakan cap ke bagian Akademik FIB untuk melengkapi pengurusan lembar pengesahan skripsi
  • Scan lembar pengesahan skripsi dan gabungkan ke skripsi yang sudah di revisi

Pengajuan Bebas Pustaka Perpustakaan FIB UGM:

  • Mahasiswa membuat dan menambahkan lembar pernyataan publikasi perpustakaan FIB (format bisa lihat di tautan berikut)
  • Pastikan sudah tidak memiliki tanggungan pinjaman buku di perpustakaan atau jika punya denda sudah dibayarkan
  • Setelah membuat lembar pernyataan publikasi, silakan bagi file menjadi beberapa bagian sesuai dengan ketentuan upload ETD UGM https://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=939
  • Berkas skripsi yang sudah sesuai dengan ketentuan ETD UGM kemudian dikirimkan ke email library.fib@ugm.ac.id dengan format
    Nama :
    Program Studi :
    Dosen pembimbing :
    Tanggal Ujian/disetujui :
    Periode Wisuda :

Pengajuan Bebas Pustaka Perpustakaan Antropologi/Bukti Penyerahan Skripsi ke Prodi:

  • Pastikan sudah tidak memiliki tanggungan buku di perpustakaan antropologi (mengembalikan buku atau sudah membayar denda pinjaman buku)
  • Mengirimkan file skripsi lengkap (lembar pengesahan, pernyataan bebas plagiasi, pernyataan publikasi perpustakaan FIB) ke email antropologi@ugm.ac.id dan cc: sarwo.fib@ugm.ac.id
  • Setelah sesuai dengan kelengkapan skripsi, mahasiswa akan dikirimkan bukti penyerahan skripsi melalui email

Pengajuan Bebas Perpustakaan UGM dan Upload ETD:

  • Jika mahasiswa berada di luar jaringan koneksi internet UGM, diminta untuk menginstall VPN UGM 110 terlebih dahulu
  • Setelah terkoneksi dengan VPN UGM 110, masuk ke laman unggah.etd.ugm.ac.id dan ikuti panduan yang ada di laman tersebut
  • Jika mahasiswa terdapat dalam jaringan koneksi internet UGM, langsung saja masuk ke laman unggah.etd.ugm.ac.id dan ikuti panduan yang tersedia

Alur Pengajuan Yudisium S1

  1. Mendaftarkan diri sebagai mahasiswa layak yudisium dengan cara mengirim transkrip nilai ke email akademik.fib@ugm.ac.id (subyek: nama prodi_permohonan layak yudisium_NIU_nama mahasiswa) dengan ketentuan: nilai semua mata kuliah wajib minimal C termasuk KKN dan skripsi; jumlah SKS 144-160; tidak memiliki nilai E; dan jumlah SKS mata kuliah pilihan dengan nilai D tidak lebih dari 25 %
  2. Mengumpulkan berkas yudisium ke email akademik.fib@ugm.ac.id (subyek: nama prodi_berkas yudisium dan wisuda_NIU_nama mahasiswa) paling lambat tanggal 20 tiap bulannya (berkas dimasukkan dalam folder). Apabila tanggal 20 bertepatan dengan hari libur, Sabtu, atau Minggu, maka berkas dikumpulkan pada hari Senin berikutnya.
  3. Setelah proses yudisium di tingkat Fakultas selesai, dimohon melakukan pengisian form data wisuda di SIMASTER. Panduan pengisian melalui Sistem Informasi Yudisium dan Wisuda SIMASTER dapat diunduh di sini.
  4. Untuk softfile berkas yudisium bisa di unduh di sini.

Selama pembatasan kegiatan maksimal di kampus dalam rangka tanggap darurat melawan covid-19, semua berkas yudisium dan wisuda S1 dikirim dalam bentuk softcopy/scan ke email akademik.fib@ugm.ac.id.

Sedangkan khusus untuk KTM asli dikirim melalui pos/sejenisnya atau langsung ke Seksi Akademik Fakultas Ilmu Budaya UGM, Jalan Nusantara 1 Bulaksumur Yogyakarta 55281 serta ditulisi hal Berkas Wisuda S1 Prodi Antropologi Budaya.