Ujian Skripsi dan Yudisium
BAGAN ALUR PROSES PENYELESAIAN ADMINISTRASI PROGRAM SARJANA
Syarat Berkas Pengajuan Ujian Skripsi
- Berkas Skripsi 3 bendel yang telah di ACC oleh Dosen Pembimbing Skripsi (DPS)
- 1 Lembar Transkrip Nilai Terakhir (bisa minta di akademik Fakultas)
- 3 lembar pass foto warna ukuran 3×4 cm.
- 1 Lembar Bukti Pembayaran SPP-BOP/UKT terakhir
- 1 Lembar KRS Semester terakhir
- Mencantumkan no.Telp/no.HP yang dapat dihubungi untuk menginformasikan jadwal ujian.
Prosedur Pengajuan Ujian Skripsi
- Semua syarat tersebut di atas diserahkan ke Sekretariat Departemen Antropologi.
- Minimal sehari sekali mengkonfirmasi ke Departemen mengenai rencana pelaksanaan ujian, misalnya mencocokkan hari, tanggal dan jam kesanggupan ketiga tim penguji-pembimbing-ketua dan penguji utama. Konfirmasi lebih baik dilakukan pada sore hari sekitar jam 15.30 WIB.
- Sehari sebelum ujian, datang ke bagian administrasi agar dibuatkan berkas berita acara ujian dan mengkonfirmasi apakah ruang untuk ujian sudah dipesankan.
- Pada hari H, calon peserta ujian diharapkan datang ke Departemen (presensi kehadiran), baru kemudian ke ruang ujian yang telah disiapkan. Diharap calon peserta datang ½ jam sebelum ujian dimulai.
- Tidak harus membawa snack/bingkisan untuk penguji (opsional).
Syarat Berkas Pengajuan Yudisium
- Surat permohonan yudisium*
- Transkrip sementara**
- Form penghapusan mata kuliah pilihan yang sudah disetujui oleh DPA dan Kaprodi (jika ada mata kuliah yang dihapus)**
- Checklist mata kuliah sesuai dengan kurikulum program studi (akan dicek dan dilengkapi bagian akademik)*
- Riwayat heregistrasi dari simaster yang menunjukkan mahasiswa terdaftar aktif pada semester pendaftaran yudisium dan nominal kolom Bayar harus sama dengan kolom Kewajiban*
- Sertifikat Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB)
- Surat bebas pinjam dari perpustakaan FIB UGM*
- Tanda terima penyerahan file pdf skripsi ke perpustakaan FIB UGM*
- Tanda terima penyerahan file pdf skripsi ke program studi (wajib)*
- Surat keterangan memenuhi syarat wisuda*
- Surat pernyataan (bermaterai) tidak memiliki tanggungan pinjaman buku di perpustakaan seluruh UGM dan alat-alat laboratorium di lingkungan UGM*
- Kartu peserta tes AcEPT yang telah ditandatangani pengawas dan di stempel Pusat Bahasa UGM atau nilai tes AcEPT pada awal masuk sebagai mahasiswa (bisa dilihat di web pusat Bahasa).
- Form judul skripsi*
- Cover skripsi dalam Bahasa Indonesia
- Cover skripsi dalam Bahasa Inggris
- Ijazah SLTA
- Akte kelahiran dan surat pernyataan penulisan ijazah (apabila ada perbedaan data pada ijazah SLTA)*
- KTP (Kartu Tanda Penduduk)
- KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
- KHS yang jumlah SKS per semester lebih dari 24 SKS (apabila ada)**
- Surat cuti kuliah (apabila pernah cuti kuliah)
- Surat pernyataan (apabila foto mahasiswa memakai jilbab)*
Catatan:
* berkas dapat diakses melalui link pada bagian berikutnya di point no 4
** berkas dapat dimintakan/diurus ke bagian akademik fakultas
Alur Pengajuan Yudisium S1
- Mendaftarkan diri sebagai mahasiswa layak yudisium dengan cara mengirim transkrip nilai ke email akademik.fib@ugm.ac.id (subyek: nama prodi_permohonan layak yudisium_NIU_nama mahasiswa) dengan ketentuan: nilai semua mata kuliah wajib minimal C termasuk KKN dan skripsi; jumlah SKS 144-149; tidak memiliki nilai E; dan jumlah SKS mata kuliah pilihan dengan nilai D tidak lebih dari 25 %
- Mengumpulkan berkas yudisium ke email akademik.fib@ugm.ac.id (subyek: nama prodi_berkas yudisium dan wisuda_NIU_nama mahasiswa) paling lambat tanggal 20 tiap bulannya (berkas dimasukkan dalam folder). Apabila tanggal 20 bertepatan dengan hari libur, Sabtu, atau Minggu, maka berkas dikumpulkan pada hari Senin berikutnya.
- Setelah proses yudisium di tingkat Fakultas selesai, dimohon melakukan pengisian form data wisuda di SIMASTER. Panduan pengisian melalui Sistem Informasi Yudisium dan Wisuda SIMASTER dapat diunduh di sini.
- Untuk softfile berkas yudisium bisa di unduh di sini.
Selama pembatasan kegiatan maksimal di kampus dalam rangka tanggap darurat melawan covid-19, semua berkas yudisium dan wisuda S1 dikirim dalam bentuk softcopy/scan ke email akademik.fib@ugm.ac.id.
Sedangkan khusus untuk KTM asli dikirim melalui pos/sejenisnya atau langsung ke Seksi Akademik Fakultas Ilmu Budaya UGM, Jalan Nusantara 1 Bulaksumur Yogyakarta 55281 serta ditulisi hal Berkas Wisuda S1 Prodi Antropologi Budaya.