Ujian Skripsi dan Yudisium
BAGAN ALUR PROSES PENYELESAIAN ADMINISTRASI PROGRAM SARJANA
Persyaratan Berkas Pengajuan Ujian Skripsi
- Naskah Skripsi yang telah di ACC oleh Dosen Pembimbing Skripsi (DPS) disertai bukti (tangkapan layar percakapan WA/email yang menunjukkan persetujuan pengajuan sidang skripsi)
- Transkrip Nilai Terakhir/KHS Sementara (bisa minta di akademik Fakultas/cetak melalui SIMASTER)
- Pass photo terakhir (warna background bebas, pakaian formal)
- Bukti Pembayaran SPP-BOP/UKT terakhir
- KRS Semester terakhir
- Mencantumkan no.Telp/no.HP yang dapat dihubungi untuk menginformasikan jadwal ujian.
- Scan TTD untuk keperluan pemberkasan
Prosedur Pengajuan Ujian Skripsi
- Semua syarat tersebut di atas diserahkan ke Sekretariat Departemen Antropologi melalui email antropologi@ugm.ac.id
- Minimal sehari sekali mengkonfirmasi ke Departemen mengenai rencana pelaksanaan ujian, misalnya mencocokkan hari, tanggal dan jam kesanggupan ketiga tim penguji-pembimbing-ketua dan penguji utama. Konfirmasi lebih baik dilakukan pada sore hari sekitar jam 15.30 WIB.
- Sehari sebelum ujian, datang ke bagian administrasi agar dibuatkan berkas berita acara ujian dan mengkonfirmasi apakah ruang untuk ujian sudah dipesankan.
- Pada hari H, calon peserta ujian diharapkan datang ke Departemen (presensi kehadiran), baru kemudian ke ruang ujian yang telah disiapkan. Diharap calon peserta datang maksimal 30 menit sebelum ujian dimulai.
Alur Pengurusan Yudisium S1
Pasca Sidang:
- Mahasiswa wajib untuk melakukan revisi dengan waktu pengerjaan maksimal 2 bulan dari tanggal sidang.
- Jika melewati batas waktu revisi, maka mahasiswa diwajibkan untuk mengulang kembali sidangnya.
- Revisi dinyatakan selesai setelah mendapatkan persetujuan dari ketiga dosen penguji (ketua penguji, pembimbing/dps, penguji utama).
- Setelah mendapatkan persetujuan revisi, maka dosen penguji menandatangani lembar pengesahan.
- Cetak draft lembar pengesahan yang sudah dibuat menggunakan kertas khusus (warna kuning dengan logo UGM)
- Lembar pengesahan yang sudah dicetak kemudian perlu dibubuhi tanda tangan dosen penguji saat ujian skripsi
- Mintakan cap ke bagian Akademik FIB untuk melengkapi pengurusan lembar pengesahan skripsi
- Scan lembar pengesahan skripsi dan gabungkan ke skripsi yang sudah di revisi
Pasca Revisi dan Pengurusan Yudisium:
- Silakan mengecek Form Yudisium S1 FIB UGM di laman fib.ugm.ac.id
- Lengkapi berkas-berkas sesuai dengan persyaratan yang diminta
- Permohonan tanda tangan Kaprodi dan Dosen untuk kelengkapan berkas yudisium harus menggunakan tanda tangan basah
- Jika tidak dapat memperoleh tanda tangan basah silakan menghubungi Sekretariat Departemen Antropologi melalui email antropologi@ugm.ac.id disertai dengan bukti persetujuan dari dosen yang bersangkutan
Pengajuan Bebas Pustaka Perpustakaan FIB UGM:
- Pastikan sudah tidak memiliki tanggungan pinjaman buku di perpustakaan FIB UGM apabila masih memiliki tanggungan diharapkan untuk dikembalikan ataupun denda sudah dibayarkan.
- Ketentuan pengajuan Bebas Pustaka FIB dapat dilihat melalui tautan berikut: bit.ly/KetentuanPenyerahanKaryaAkhir apabila terdapat kendala dapat menghubungi Pak Mardi Pramono (081578800226) pada jam kerja.
Pengajuan Bebas Pustaka Perpustakaan Antropologi/Bukti Penyerahan Skripsi ke Prodi:
- Pastikan sudah tidak memiliki tanggungan buku di perpustakaan antropologi (mengembalikan buku atau sudah membayar denda pinjaman buku)
- Mengirimkan file skripsi lengkap (lembar pengesahan, pernyataan bebas plagiasi, pernyataan publikasi perpustakaan FIB) ke email antropologi@ugm.ac.id dan cc: sarwo.fib@ugm.ac.id
- Setelah sesuai dengan kelengkapan skripsi, mahasiswa akan dikirimkan bukti penyerahan skripsi melalui email
Pengajuan Bebas Perpustakaan UGM dan Unggah Mandiri Tugas Akhir:
-
Terhitung 12 Juni 2023, proses pengurusan Bebas Pustaka dan Unggah Mandiri Tugas Akhir dilakukan melalui portal simaster.ugm.ac.id dengan panduan dapat diakses melalui tautan ugm.id/etdunggah
- Untuk pengurusan Bebas Pustaka:
- Untuk proses Unggah Mandiri:
Alur Pengajuan Yudisium S1
- Mendaftarkan diri sebagai mahasiswa layak yudisium dengan cara mengirim transkrip nilai ke email akademik.fib@ugm.ac.id (subyek: nama prodi_permohonan layak yudisium_NIU_nama mahasiswa) dengan ketentuan: nilai semua mata kuliah wajib minimal C termasuk KKN dan skripsi; jumlah SKS 144-160; tidak memiliki nilai E; dan jumlah SKS mata kuliah pilihan dengan nilai D tidak lebih dari 25 %
- Mengumpulkan berkas yudisium ke email akademik.fib@ugm.ac.id (subyek: nama prodi_berkas yudisium dan wisuda_NIU_nama mahasiswa) paling lambat tanggal 20 tiap bulannya (berkas dimasukkan dalam folder). Apabila tanggal 20 bertepatan dengan hari libur, Sabtu, atau Minggu, maka berkas dikumpulkan pada hari Senin berikutnya.
- Setelah proses yudisium di tingkat Fakultas selesai, dimohon melakukan pengisian form data wisuda di SIMASTER. Panduan pengisian melalui Sistem Informasi Yudisium dan Wisuda SIMASTER dapat diunduh di sini.
- Untuk softfile berkas yudisium bisa di unduh di sini.
Sedangkan khusus untuk KTM asli dikirim melalui pos/sejenisnya atau langsung ke Seksi Akademik Fakultas Ilmu Budaya UGM, Jalan Nusantara 1 Bulaksumur Yogyakarta 55281 serta ditulisi hal Berkas Wisuda S1 Prodi Antropologi Budaya.