Kurikulum Program Studi S2

SPESIFIKASI:

Program studi di Departemen Antropologi saling terintegrasi. Pada program studi magister, lulusan diharapkan dapat menguasai teori dan teori aplikasi antropologi secara kritis. Mulai 2022, prodi magister Antropologi membuka minat pemberdayaan, di mana lulusannya diharapkan dapat menguasai teori Antropologi dan mengaplikasikannya untuk pemberdayaan masyarakat.

STRUKTUR:

Program studi (Prodi) S2 Antropologi memiliki empat gugus minat terdiri dari gugus  A РTeori & Etnografi; gugus B РGlobalisasi, Politik, Ekonomi, dan Lingkungan; gugus C РAntropologi Kesehatan; dan gugus D РBudaya, Media, dan Gaya Hidup. Sepanjang perkuliahan, mahasiswa mengambil minimal 4 mata kuliah dari gugusnya sendiri.

Bagi mahasiswa yang mengambil minat pemberdayaan, terdapat 3 gugus, yakni 1) Pengelolaan Lingkungan Hidup; 2) Masyarakat Adat dan Pemerintahan Desa; dan 3) Multikulturalisme dan Pemajuan Kebudayaan. Mahasiswa mengambil minimal 3 mata kuliah.

Untuk memayungi setiap gugus disediakan mata kuliah dasar yang wajib diambil oleh mahasiswa, misalnya Filsafat Keilmuan (Paradigma dan Teori Antropologi), Metode dan Etika Penelitian, dan Teori Kebudayaan. Bagi yang latar belakang S1-nya bukan Antropologi, mahasiswa juga mengambil Pengantar Antropologi serta Metode Penelitian Etnografi

Untuk menyelenggarakan mata kuliah di Prodi S2 Antropologi, dosen yang mengampu adalah yang memiliki kompetensi di bidangnya. Umumnya setiap dosen memiliki kompetensi khusus yang memberi kontribusi pada pengembangan kurikulum untuk setiap mata kuliah yang diampunya. Meskipun demikian diharapkan setiap mata kuliah diasuh oleh tim dosen agar mahasiswa memperoleh pengetahun dan pengalaman yang lebih beragam sebagai bekal penting dalam mengembangkan wacana teori, metode, dan isu serta tema penelitian.

Kuliah di Prodi S2 Antropologi terdiri dari kuliah di kelas dengan mewajibkan mahasiswa mengambil mata kuliah sebanyak minimum 34 SKS, dan tesis senilai 8 SKS.

Perkuliahan dapat ditempuh dalam 1,8 tahun sampai dengan 2 tahun. Idealnya, mahasiswa lulus dua tahun dengan kegiatan satu tahun kuliah dan satu tahun penelitian dan menulis tesis.

Secara rinci, susunan mata kuliah yang disajikan dalam Prodi S2 Antropologi adalah sebagai berikut:

Reguler:

  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib Dasar (Universitas, Fakultas, Prodi) S2 : 9-15 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib/Pilihan Gugus A : 12 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib/Pilihan Gugus B : 12 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib/Pilihan Gugus C : 12 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Pilihan (dalam dan luar Gugus pilihannya): 12 SKS
  • Tesis: 8 SKS

Komposisi Mata Kuliah Program Studi S2 Antropologi

Kurikulum S2 2022

Pemberdayaan:

  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib Dasar (Universitas, Fakultas, Prodi) S2 : 15-18 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib/Pilihan Gugus A : 9 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib/Pilihan Gugus B : 9 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib/Pilihan Gugus C : 9 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Pilihan (dalam dan luar Gugus pilihannya): 6 SKS

Komposisi Mata Kuliah Program Studi S2 Antropologi Minat Pemberdayaan

Kurikulum S2 Pemberdayaan 2022