Kurikulum Program Studi S2

Program studi (Prodi) S2 Antropologi memiliki tiga gugus minat terdiri dari gugus Globalisasi, Politik, Ekonomi, dan Lingkungan; Budaya, Media, dan Gaya Hidup; Pengembangan Teori, Metodologi, dan Etnografi. Untuk memayungi setiap gugus disediakan mata kuliah dasar yang wajib diambil oleh mahasiswa, misalnya Epistemologi Antropologi. Sekalipun beberapa mata kuliah ini ada di Prodi S1, misalnya metode penelitian etnografi, tetapi bobot materi dan output yang dihasilkan lebih mendalam, sehingga mahasiswa bukan hanya sekedar memiliki pengetahuan yang bersifat teoritis dan metodologis, tetapi mampu mengkritisi dan mengembangkannya menjadi sebuah tesis.

Untuk menyelenggarakan mata kuliah di Prodi S2 Antropologi, dosen yang mengampu adalah yang memiliki kompetensi di bidangnya. Umumnya setiap dosen memiliki kompetensi khusus yang memberi kontribusi pada pengembangan kurikulum untuk setiap mata kuliah yang diampunya. Meskipun demikian diharapkan setiap mata kuliah diasuh oleh tim dosen agar mahasiswa memperoleh pengetahun dan pengalaman yang lebih beragam sebagai bekal penting dalam mengembangkan wacana teori, metode, dan isu serta tema penelitian.

Kuliah di Prodi S2 Antropologi terdiri dari kuliah di kelas dengan mewajibkan mahasiswa mengambil mata kuliah sebanyak minimum 34 SKS, dan tesis senilai 8 SKS. Mahasiswa masih bisa mengambil lebih dari 34 SKS, tetapi maksimum hanya boleh mengambil sebanyak 40 SKS. Diharapkan mahasiswa bisa lulus kuliah antara 1,8 tahun sampai dengan 2,5 tahun. Normalnya, mahasiswa lulus dua tahun dengan kegiatan satu tahun kuliah dan satu tahun menulis tesis yang terdiri dari satu bulan menulis proposal, dua bulan melakukan fieldwork, tiga bulan menulis naskah tesis, dan sisanya untuk ujian serta revisi.

Secara rinci, susunan mata kuliah yang disajikan dalam Prodi S2 Antropologi adalah sebagai berikut:

  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib Dasar Prodi S2 : 21 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib/Pilihan Gugus A : 30 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib/Pilihan Gugus B : 27 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib/Pilihan Gugus C : 27 SKS
  • Jumlah SKS Mata Kuliah Pilihan Antar Gugus : 21 SKS

Komposisi Mata Kuliah Program Studi S2 Antropologi

Komposisi Mata Kuliah Program Studi S2 Antropologi UGM (2018)