Visi & Misi Program Studi S1

Visi

  1. Tersenggaranya pendidikan S1 di bidang Antropologi budaya  sehingga menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki pengetahuan yang  memadai dalam melakukan  penelitian kebudayaan dengan menggunakan pendekatan etnografi.
  2. Dihasilkannya lulusan sarjana Antropologi yang memiliki skill yang kuat dalam melakukan penelitian terapan di bidang kebudayaan pada program-program pemberdayaan dan pembangunan masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan S1 Antropologi dengan menggerakkan tenaga dosen yang sangat kompeten.
  2. Menyelenggarakan penelitian payung antara dosen dan mahasiswa guna mengembangkan penelitian murni, dan terapan untuk bekal  para calon alumni memasuki lapangan kerja.
  3. Menyelengarakan kegiatan pengabdian pada masyarkat sebagai bekal para calon alumni memiliki tanggungjawab sosial dan keterampilan dalam memberdayakan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana terbaik di bidang Antropologi sehingga mereka mampu bekerja di sebagai peneliti di bidang kebudayaan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keampuan untuk menjadi prakisi di bidang pengembangan kebudayaan.

Sasaran

  1. Setiap tahun prodi menampung sebanyak 50-60 orang siswa.
  2. Setiap tahun prodi meluluskan sebanyak 50-60 orang siswa.
  3. Setiap siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang handal dalam melakukan penelitian etno
  4. 50 persen siswa memiliki pengalaman magang dan kerjasama penelitian untuk mengembangkan pengetahuan di lembaga pemerintahan, dan perguruan tinggi mitra.

Strategi Pencapaian Sasaran

Guna mewujudkan visi, misi, dan sasaran, Prodi S1 Antropologi melancarkan beberapa strategi yaitu:

  1. Mengembangkan kurikulum berbasis penelitian.
  2. Mengembangkan kurikulum berbasis pada kebutuhan mahasiswa untuk mengembangkan studi dan penelitian yang sesuai dengan tantangan dan kebutuhan kerja.
  3. Melakukan kerjasama dengan universitas di berbagai dunia guna menyelenggarakan seminar, pertukaran mahasiswa, dan penelitian kolaboratif.
  4. Melakukan kerjasama dengan lembaga pemerintahan, swasta dan organisasi. masyarakat sipil untuk membuka akses mahasiswa ikut magang dan melakukan peneli

Evaluasi

  1. Setiap bulan bersama dengan departemen melakukan rapat monev tentang proses penyelenggaraan pendidikan. Hasil monev digunakan untuk pengembangan kurikulum ke depan,dan mengatasi berbagai masalah kecil dalam penyelenggaraan kuliah  bulanan.
  2. Setiap tahun diakukan monev untuk perbaikan modul buku ajar.
  3. Setiap tahun dilakukan evaluasi nilai dan lulusan untuk perbaikan kualitas kuliah, dan
  4. Setiap tahun mengikuti Audit Mutu Internal (AMI). Hasil AMI untuk perbaikan penyelenggaraan kurikulum tahun depan.
  5. Setiap semester dilakukan evaluasi tentang bimbingan penulisan skripsi dan kegiatan magang.
  6. Setiap lima tahun sekali, prodi mengikuti akreditasi dan dipakai untuk agenda peningkatkan kinerja prodi dan perombakan kurikulum.

Profil lulusan

  1. Sejak berdiri tahun 1964 prodi S1 Antropologi telah meluluskan lebih dari 2.750 sarjana.
  2. Sebagian para lulusan memiliki pengalaman magang dan ikut penelitian bersama dengan peneliti dari luar daerah dan luar negeri.
  3. Umumnya lulusan bekerja sebagai tenaga peneliti di lembaga pemerintahan, lembaga bisnis atau sektor swasta, lembaga donor, dan LSM.
  4. Sebelum memperoleh pekerjaan tetap, lulusan pada tahun pertama dan kedua dibutuhkan oleh lembaga penelitian untuk menjadi asisten peneliti.
  5. Mulai tahun 1994 banyak lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang master di dalam dan luar negeri.