Ujian Skripsi dan Yudisium

BAGAN ALUR PROSES PENYELESAIAN ADMINISTRASI PROGRAM SARJANA

Syarat Berkas Pengajuan Ujian Skripsi

  1. Berkas Skripsi 3 bendel yang telah di ACC oleh Dosen Pembimbing Skripsi (DPS)
  2. 1 Lembar Transkrip Nilai Terakhir (bisa minta di akademik Fakultas)
  3. 3 lembar pass foto warna ukuran 3×4 cm.
  4. 1 Lembar Bukti Pembayaran SPP-BOP/UKT terakhir
  5. 1 Lembar KRS Semester terakhir
  6. Mencantumkan no.Telp/no.HP yang dapat dihubungi untuk menginformasikan jadwal ujian.

 

Prosedur Pengajuan Ujian Skripsi

  1. Semua syarat tersebut di atas diserahkan ke Sekretariat Departemen Antropologi.
  2. Minimal sehari sekali mengkonfirmasi ke Departemen mengenai rencana pelaksanaan ujian, misalnya mencocokkan hari, tanggal dan jam kesanggupan ketiga tim penguji-pembimbing-ketua dan penguji utama. Konfirmasi lebih baik dilakukan pada sore hari sekitar jam 15.30 WIB.
  3. Sehari sebelum ujian, datang ke bagian administrasi agar dibuatkan berkas berita acara ujian dan mengkonfirmasi apakah ruang untuk ujian sudah dipesankan.
  4. Pada hari H, calon peserta ujian diharapkan datang ke Departemen (presensi kehadiran), baru kemudian ke ruang ujian yang telah disiapkan. Diharap calon peserta datang ½ jam sebelum ujian dimulai.
  5. Tidak harus membawa snack/bingkisan untuk penguji (opsional).

 

Syarat Berkas Pengajuan Yudisium

  1. Surat permohonan yudisium*
  2. Transkrip sementara**
  3. Form penghapusan mata kuliah pilihan yang sudah disetujui oleh DPA dan Kaprodi (jika ada mata kuliah yang dihapus)**
  4. Checklist mata kuliah sesuai dengan kurikulum program studi (akan dicek dan dilengkapi bagian akademik)*
  5. Riwayat heregistrasi dari simaster yang menunjukkan mahasiswa terdaftar aktif pada semester pendaftaran yudisium dan nominal kolom Bayar harus sama dengan kolom Kewajiban*
  6. Sertifikat Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB)
  7. Surat bebas pinjam dari perpustakaan FIB UGM*
  8. Tanda terima penyerahan file pdf skripsi ke perpustakaan FIB UGM*
  9. Tanda terima penyerahan file pdf skripsi ke program studi (wajib)*
  10. Surat keterangan memenuhi syarat wisuda*
  11. Surat pernyataan (bermaterai) tidak memiliki tanggungan pinjaman buku di perpustakaan seluruh UGM dan alat-alat laboratorium di lingkungan UGM*
  12. Kartu peserta tes AcEPT yang telah ditandatangani pengawas dan di stempel Pusat Bahasa UGM atau nilai tes AcEPT pada awal masuk sebagai mahasiswa (bisa dilihat di web pusat Bahasa).
  13. Form judul skripsi*
  14. Cover skripsi dalam Bahasa Indonesia
  15. Cover skripsi dalam Bahasa Inggris
  16. Ijazah SLTA
  17. Akte kelahiran dan surat pernyataan penulisan ijazah (apabila ada perbedaan data pada ijazah SLTA)*
  18. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  19. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  20. KHS yang jumlah SKS per semester lebih dari 24 SKS (apabila ada)**
  21. Surat cuti kuliah (apabila pernah cuti kuliah)
  22. Surat pernyataan (apabila foto mahasiswa memakai jilbab)*

Catatan: 

*   berkas dapat diakses melalui link pada bagian berikutnya di point no 4 

** berkas dapat dimintakan/diurus ke bagian akademik fakultas

 

Alur Pengajuan Yudisium S1

  1. Mendaftarkan diri sebagai mahasiswa layak yudisium dengan cara mengirim transkrip nilai ke email fib@ugm.ac.id (subyek: nama prodi_permohonan layak yudisium_NIU_nama mahasiswa) dengan ketentuan: nilai semua mata kuliah wajib minimal C termasuk KKN dan skripsi; jumlah SKS 144-149; tidak memiliki nilai E; dan jumlah SKS mata kuliah pilihan dengan nilai D tidak lebih dari 25 %
  2. Mengumpulkan berkas yudisium paling lambat tanggal 20 tiap bulannya (berkas dimasukkan dalam folder). Apabila tanggal 20 bertepatan dengan hari libur, Sabtu, atau Minggu, maka berkas dikumpulkan pada hari Senin berikutnya.
  3. Setelah proses yudisium di tingkat Fakultas selesai, dimohon melakukan pengisian form data wisuda di SIMASTER. Panduan pengisian melalui Sistem Informasi Yudisium dan Wisuda SIMASTER dapat diunduh di sini.
  4. Untuk softfile berkas yudisium bisa di unduh di sini.

 

Selama pembatasan kegiatan maksimal di kampus dalam rangka tanggap darurat melawan covid-19, semua berkas yudisium dan wisuda S1 dikirim dalam bentuk softcopy/scan ke email akademik.fib@ugm.ac.id.

Sedangkan khusus untuk KTM asli dan 2 lembar pas foto hitam putih ukuran 3×4 dikirim melalui pos/go-send/sejenis/langsung ke Seksi Akademik Fakultas Ilmu Budaya UGM, Jalan Nusantara 1 Bulaksumur Yogyakarta 55281 serta ditulisi hal Berkas Wisuda S1.