Ujian Tesis dan Yudisium

BAGAN ALUR PROSES PENYELESAIAN ADMINISTRASI PROGRAM MAGISTER

Syarat Berkas Pengajuan Ujian Tesis

  1. Hasil Originality Report (Plagiarism)
  2. Berkas Tesis 3 bendel yang telah di ACC oleh Dosen Pembimbing Tesis (DPT) beserta Naskah Publikasinya.
  3. Bukti Submit Jurnal dilampiri Manuscript Jurnal
  4. 1 Lembar Transkrip Nilai Terakhir
  5. 3 Lembar Pass Foto Warna ukuran 3×4 cm.
  6. 1 Lembar foto copy Sertifikat Accept
  7. 1 Lembar foto copy Sertifikat PAPS
  8. Mencantumkan no.Telp/no.HP yang dapat dihubungi untuk menginformasikan jadwal ujian.

Prosedur Pengajuan Ujian Tesis

  1. Setelah mendapatkan acc dari Dosen Pembimbing Tesis, mohon untuk melakukan pengecekan plagiarisme dengan mengirimkan naskah dalam bentuk softcopy* ke jurnal.fib@ugm.ac.id dengan subject: Turnitin_Jenis Naskah_Departemen/Prodi_Nama Lengkap disertai dengan kalimat pengantar pada body email (jika hasil pengecekan kurang dari 20 % dimohon untuk melanjutkan tahap berikutnya).
  2. Informasi lebih lanjut seputar prosedur** dan ketentuan lainnya silahkan menghubungi Pengelola Jurnal dan Penerbitan FIB melalui email pada poin 1 atau whatsapp 089619714482 (Sdr. Yoga).
  3. Masukkan semua persyaratan dalam map kosong warna bebas dengan diberi nama, nomor mahasiswa, dan program studinya.
  4. Menyerahkan naskah tesis dan naskah publikasi yang telah disetujui/disahkan oleh pembimbing sebanyak 3 eksemplar. Harap diperhatikan naskah jangan dijilid hard cover terlebih dahulu, jilid biasa saja, warna sampul merah.
  5. Selama menunggu jadwal ujian tesis, mahasiswa harus aktif berkomunikasi dengan Kantor PPs FIB UGM.
  6. Jika ada hal lain yang belum jelas harap segera ditanyakan langsung ke Sekretariat PPs FIB UGM atau telepon ke 513096 Psw. 114, dan 0811-250-5868 (Vero).
  7. Sebelum seluruh persyaratan ujian tesis lengkap, ujian tidak akan diproses.

Keterangan:

*  Format file berbentuk .pdf atau .docx dan jumlah keseluruhan halaman ≤400 hal, jika lebih dari jumlah tersebut maka file harus dibagi dalam dua bagian atau lebih (file pertama 1-400; file kedua 401-dst.)

** Hasil pengecekkan akan dikirimkan melalui email maksimal 3 hari kerja setelah hari pengiriman file, jika diperlukan pengecekkan ulang mohon untuk mengulangi kembali proses permohonan sesuai dengan prosedur awal yang disyaratkan oleh Pengelola Jurnal dan Penerbitan FIB

Syarat Pengajuan Yudisium S2

  1. Template surat keterangan unggah mandiri*
  2. S2-14 (Berita Acara Ujian Tesis) – (1 lembar asli)
  3. S2-15 (Berita Acara Ujian Tesis) – (1 lembar asli)
  4. Sertifikat AcEPT/TOEFL (1 lembar foto copy)
  5. Sertifikat PAPS/TPA (1 lembar foto copy)
  6. Lembar Pengesahan Tesis (1 lembar asli)*
  7. Lembar Pengesahan Naskah Publikasi (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris masing-masing 1 Lembar asli)
  8. Surat Keterangan Lunas SPP dari Bagian Keuangan Sekolah Pascasarjana UGM*
  9. Foto Copy Ijazah S1 (1 lembar)
  10. Rekap Hasil Studi (Semester I sampai dengan Semester Akhir, 1 rangkap)**
  11. Bukti Submit Jurnal dilampiri Manuscript Jurnal (Untuk Mahasiswa S2 Angkatan TA 2016 dst)

Keterangan:

*   Formulir dapat diunduh melalui link berikut

** Harap menghubungi Kantor PPs FIB UGM

Syarat Wisuda S2

  1. Pasfoto 3 x 4 hitam putih terbaru sebanyak 3 lembar kertas doff, posisi badan tegap menghadap ke depan, posisi badan tidak boleh miring, khusus laki-laki diwajibkan memakai pakaian sipil lengkap (jas dan dasi), wanita mengenakan blazer hitam.
  2. Kartu Tanda Mahasiswa ASLI (yang masih berlaku), atau Kartu Mahasiswa (ATM) yang telah ditutup (dllubangi) di Bank BNI. (apabila KTM hilang diganti Surat Keterangan kehilangan dari Kepolisian setempat)
  3. K. Bebas Pinjam Pustaka dan Bukti Penyerahan Tesis dan CD Program PDF dari Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UGM
  4. Formulir Peminjaman Toga

Alur Pendaftaran Yudisium

  1. Mendaftarkan diri sebagai mahasiswa layak yudisium secara on line melalui link http://ugm.id/yudisiumsps
  2. Mengumpulkan berkas yudisium paling lambat tanggal 20 tiap bulannya (berkas dimasukkan dalam folder) ke Sekretariat PPs FIB UGM atau telepon ke 513096 Psw. 114, dan 0811-250-5868 (Vero). Apabila tanggal 20 bertepatan dengan hari libur, Sabtu, atau Minggu, maka berkas dikumpulkan pada hari Senin berikutnya.
  3. Setelah proses pengumpulan berkas ke Sekretariat PPs FIB UGM selesai, dimohon untuk melengkapi data wisuda di SIMASTER
  4. Kemudian mengirimkan syarat wisuda ke Sekretariat PPs FIB UGM